Senin, 15 November 2010

Proposal PROPAS untuk orangtua siswa kelas 2 SMA

  • Meraih Prestasi Tinggi di sekolah
  • Lulus UN dengan Nilai Tinggi
  • Masuk PTN Favorit
PENGANTAR

Metode seleksi masuk PTN pun semakin bervariasi: ada yang menggunakan ujian psikotes, Tes Bakat Skolastik, dan materi pelajaran terpadu, yang persiapan untuk itu hampir tidak dilakukan di sekolah. 
Selain itu, soal-soal seleksi di bidang pelajaran pun semakin inovatif dan kreatif. Hampir tidak ada lagi soal-soal yang bisa dikerjakan dengan rumus cepat. Artinya, untuk bisa menjawab soal, siswa harus betul-betul memahami konsep dasar pelajaran.

Berdasarkan pengalaman kita, diperlukan 3 semester agar siswa dapat mencapai prestasi terbaik mereka di UN dan SNMPTN



Menyikapi keadaan ini, QUIN telah melakukan langkah terobosan dengan menghadirkan PROPAS, Program Pasti Masuk PTN Favorit bagi siswa kelas 2 SMA. Dengan dukungan sistem yang memanfaatkan keunggulan IT, yaitu Student Assesment Center (SAC) dan Motivation Training Plus, PROPAS menjadi lebih dari bimbingan belajar biasa.
 


A. TUJUAN PROPAS
 
Tujuan PROPAS adalah mewujudkan Keberhasilan Siswa, yaitu:
  • Siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi.
  • Siswa memiliki rasa percaya diri dan kemandirian dalam belajar. 
  • Siswa memahami cara-cara belajar efektif yang sesuai cara kerja otak. 
  •  Siswa memiliki sikap mental yang positif. 
  • Siswa menguasai konsep dasar pelajaran pokok (pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional dan ujian masuk PTN). 
  • Siswa terampil menjawab soal dalam berbagai pola dan variasi. 
  • Siswa siap menghadapi dan mencapai prestasi tinggi dalam ujian-ujian di sekolah: Ujian Blok, Ujian Akhir Semester, dan Ujian Nasional. 
  • Siswa lulus ujian masuk PTN, baik melalui SNM-PTN, SIMAK-UI, PMBP-ITB, UMB, dan seleksi lainnya.
 
B. PERANGKAT UNTUK MENCAPAI TUJUAN

Untuk mencapai tujuan PROPAS, QUIN telah mempersiapkan sumber daya Guru, sarana dan prasarana penunjang sebagai berikut:
1. Guru 
Penentu keberhasilan PROPAS terutama ada pada guru. Oleh sebab itu, pertama-tama QUIN sudah memastikan bahwa seluruh guru adalah sarjana PTN dan kemampuan mengajarnya sudah teruji. Kemudian, untuk mencapai tujuan PROPAS yang lebih dari bimbingan belajar biasa, maka guru-guru QUIN pun dibekali kemampuan mengajar selaras kinerja otak, kemampuan memotivasi, dan kemampuan mendukung pengembangan rasa percaya diri siswa. 

2. Fasilitas Belajar 
Setiap lokasi belajar QUIN dilengkapi dengan fasilitas  yang memberi kenyamanan dan kelancaran belajar. Tiap ruangan belajar ditata secara artistik dan dilengkapi poster-poster yang membangkitkan semangat. Kemudian, aktivitas belajar di tiap kelas senantiasa diiringi dengan musik barok yang sesuai. 

3. Modul 
Modul atau buku pelajaran QUIN yang dibagikan kepada semua siswa merupakan teori ringkas yang disajikan secara menarik, dilengkapi Mind Mapping, dan juga kumpulan soal yang sudah tertaxonomy. 

4. Motivation Training  dan Kolsultasi 
Untuk meningkatkan motivasi belajar, rasa percaya diri, dan ketrampilan belajar – selain melalui peran guru – oleh Tim Khusus diberikan pelatihan kepada siswa secara periodik melalui kegiatan yang disebut  Motivation Training  (MT). Tim Khusus MT QUIN juga memberi konsultasi pribadi kepada siswa dan orangtua siswa yang berkaitan dengan masalah-masalah belajar, pengkajian minat dan bakat, serta pemilihan jurusan di perguruan tinggi. 


5. Evaluasi dan Student Assesment Center (SAC)
Selama ini, QUIN telah menerapkan sistem evaluasi proses belajar yang terukur, akurat, dan berkesinambungan, yakni melalui Tes Harian dan Try Out. Kemudian, hasil Try Out ini secara periodik dilaporkan kepada orangtua siswa lewat e-mail.

Sejak tahun 2009, QUIN telah melangkah lebih maju dengan dukungan  system yang memanfaatkan IT, yaitu Student Assesment Center (SAC). SAC ini dapat menganalisis secara akurat potensi, kemajuan, dan permasalahan akademik siswa, dan selanjutnya memberi rekomendasi agar siswa dapat mengambil langkah yang lebih tepat untuk kemajuan atau keberhasilan dirinya.  




C. SCHEDULE PROPAS

Kegiatan PROPAS direncanakan akan dimulai pada 15 Januari 2011 dan berakhir menjelang SNM-PTN tahun 2012. Selengkapnya tahapan pelaksanaan PROPAS diuaraikan dalam diagram berikut ini:

  

Catatan:
Pada Forum Pertemuan Orangtua Siswa akan diisi dengan kegiatan sebagai berikut:
  • Presentasi tentang bagaimana PROPAS memastikan keberhasilan siswa (pertemuan ke-1) 
  • Diskusi tentang sinergi guru dan orangtua siswa mendukung keberhasilan anak (dalam setiap pertemuan) 
  • Laporan perkembangan anak (mulai pertemuan ke-2) 
  • Diskusi tentang mengenal minat dan bakat anak serta pemilihan jurusan di perguruan tinggi (mulai pertemuan ke-3)

D. SEKILAS TENTANG SUPER BIMBEL QUIN

QUIN didirikan di Jakarta tahun 2000 oleh beberapa pengajar bimbel terbaik. Sejak berdiri, QUIN telah menetapkan diri sebagai bimbingan belajar berpola program khusus. Ciri bimbingan belajar berpola program khusus, antara lain adalah kelas kecil (siswa per kelas maksimal 15 orang), memberikan pelayanan gratis di luar jadwal resmi, dan juga memberikan garansi kesuksesan dalam berbagai versi.

Untuk menyikapi perkembangan zaman dan permasalahan di bidang pendidikan, QUIN telah banyak memperbaharui diri sejak awal. Pertama-tama QUIN telah meninggalkan metode pembelajaran konvensional yang menempatkan guru sebagai pemberi ilmu dan siswa sebagai penerima ilmu MENJADI guru dan siswa merupakan mitra belajar. Sejalan dengan itu, QUIN telah mengadaptasi temuan muktahir tentang cara kerja otak dan pembelajaan, yang kemudian melatih guru dan siswa tentang bagaimana cara belajar dan cara berpikir.

QUIN juga menyikpai perkebangan teknologi informasi dan komunikasi yang luar biasa dahsyatnya akhir-akhir ini. Secara bertahap QUIN telah menerapkan sistem operasi bimbingan belajar yang berbasis IT. Tahun 2009, QUIN telah menerapkan sistem evaluasi dan analisa hasil belajar secara cepat dan akurat dengan memanfaatkan IT.   

Selama puluhan tahun pengalaman kami berkecimpung di bimbingan belajar dan lebih kurang 9 (Sembilan) tahun pengalaman menjalankan QUIN, kami menjadi tahu betul: apa sesungguhnya masalah fundamental yang dihadapi siswa dan apa yang diharapkan siswa dan orangtua siswa dari bimbingan belajar. Kemudian, dengan kepedulian kami terhadap problematik pendidikan Indonesia dan tantangan global, kami mencoba merumuskan program terbaik dan menerapkannya dalam PROPAS QUIN. 

E. PILIHAN GROUP
 F. PENUTUP

Kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus dan rasa salut bagi Orangtua Siswa yang bersedia membaca proposal ini. Kami sangat senang, jika kemudian Orangtua siswa berkenan menghubungi sekretariat kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang keberadaan Super Bimbel QUIN dan program-programnya.

Semoga proposal ini dan bahan-bahan tertulis yang menyertai proposal ini dapat memberi inspirasi bagi para Orangtua siswa dalam mengarahkan dan membimbing putra-putrinya untuk meraih prestasi tertinggi dalam pendidikan dan meraih kehidupan yang sukses di kemudian hari.

Salam dari kami, Manajemen dan Guru-guru  Bimbel QUIN.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar